Menu

Selasa, 06 Juli 2010

Organisasi

Lawrence "Herkie" Herkimer mendirikan National Cheerleaders Association (NCA) di tahun 1948. Kursus pemandu sorak yang pertama kali diadakan NCA di tahun 1949 diikuti 52 peserta.

Di tahun 1960, National Football League (NFL) mulai mengorganisir tim pemandu sorak profesional. Di musim kompetisi 1972-1973, tim pemandu sorak Dallas Cowboys Cheerleaders memulai debutnya dan langsung menarik perhatian karena pakaian yang minim dan gerakan tari yang rumit.

Di tahun 1980-an, gerakan akrobat dan senam yang sulit sekaligus berbahaya mulai sering dilakukan kelompok pemandu sorak di Amerika Serikat. Organisasi cheerleading seperti AACCA (American Association of Cheerleading Coaches and Advisors) mulai menerapkan pedoman keselamatan dan menyediakan kursus cheerleading yang aman bagi pelatih dan sponsor.

Selanjutnya International Federation of Cheerleading. IFC adalah organisasi non profit yang berdiri tahun 1998, dan beranggotakan asosiasi-asosiasi Cheerleading dari negara-negara di dunia.Hingga Februari 2007, ada 28 negara yang menjadi anggota IFC, termasuk di antaranya Indonesia, Malaysia, Amerika, Australia, Inggris, Rusia, dan yang lainnya. Selengkapnya lihat di sini.
Tujuan dari IFC adalah untuk mempromosikan olah raga Cheerleading di seluruh dunia, untuk menyebarkan pengetahuan tentang Cheerleading, membina hubungan olah raga yang baik antar negara anggotanya, dan berkontribusi terhadap perdamaian dunia.
IFC menyelenggarakan dan mengatur kegiatan-kegiatan sebagai berikut :

* Mempromosikan aktivitas Cheerleading ke seluruh dunia
* Menyelenggarakan, Mengawasi, serta bekerjasama dengan negara co-Host dalam Kejuaraan Dunia
* Menekankan pentingnya peraturan kompetisi dan standar keselamatan
* Mencetak juri-juri kompetisi berkelas dunia
* Menentukan dan mengembangkan sistem kepelatihan, serta meningkatkan jumlah pelatih Cheerelader berkelas dunia
* Menyelenggarakan Cheerleading Coaching Clinic dan Seminar yang sesuai dengan standar internasional
* Menyediakan informasi dan mendukung riset tentang Cheerleading
* Memproduksi dan mempublikasikan buku, video tape, dan media lain yang sejenis
* Segala hal lainnya dalam rangka mencapai tujuan IFC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar